Minggu, November 03, 2013

Otak Luar Biasa


1.Otak manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Otak kita nyaris tidak ada bedanya dengan otak manusia jenius: Albert Einstein.

2.Pemahaman yang tepat tentang cara kerja otak membuat kita mampu memanfaatkannya dengan optimal. Kesalahan pemahaman atau tidak memahami sama sekali tentang cara kerja otak dapat menyebabkan lumpuh otak.

3.Langkah awal untuk memahami cara kerja otak adalah dengan memahami prinsip-prinsip dasarnya.
Prinsip 1 : Sinergis

1.Otak kita tersusun oleh beragam materi yang bekerjasama secara kompleks dan harmonis: sinergis.
2.Tidak benar bahwa IQ lebih penting dari yang lain. Tidak benar juga bahwa EQ – kecerdasan emosi - lebih penting dari yang lain. Tidak benar lagi mengatakan bahwa ESQ adalah yang terpenting. Yang benar adalah otak kita bekerja secara sinergis dengan seluruh kemampuan atau kecerdasan. IQ, EQ, SQ, dan kecerdasan lain bekerja sinergi di otak dan pikiran manusia.
3.Berlatihlah untuk memanfaatkan seluruh potensi otak kita.
 
Prinsip 2 : Pembelajaran dan Pengetahuan

1.Semakin sering kita pakai untuk belajar maka otak kita semakin kuat. Berbeda dengan komputer, semakin sering dioperasikan maka komputer semakin cepat usang.
2.Mempelajari ilmu pengetahuan semakin sulit bila caranya salah. Tetapi belajar menjadi semakin mudah dan fun bila menemukan cara yang tepat. Temukan cara belajar paling tepat untuk Anda. Variasikan tool visual, audio, dan kinestetikgerakan.
3.Semakin banyak ilmu pengetahuan semakin baik bagi otak dan kesehatan kita. Tak peduli berapa usia kita, teruslah menuntut ilmu.
 
Prinsip 3 : Kebenaran

1.Otak kita semakin kuat bila diisi dengan kebenaran-kebenaran. Bila diisi dengan kebohongan atau dusta, otak akan mencari terus pembenaran. Sehingga otak akan sulit berkonsentrasi untuk meraih sukses.

2.Kebenaran-kebenaran yang ada di otak bekerja sama secara sinergis sehingga menghasilkan kebenaran-kebenaran baru. Untuk menjadi kreatif, isilah otak Anda dengan beragam kebenaran-kebenaran.

3.Bila Anda ragu tentang suatu masalah maka pilihlah sikap positif dari sikap negatif. Namun Anda tetap harus terbuka dan waspada terhadap segala kemungkinan.
 
Penggugah Otak

1.Otak saya sinergis sehingga memungkinkan saya menciptakan pikiran-pikiran dan asosiasi-asosiasi tanpa batas.

2.Saya sedang berada dalam proses mencipta pikiranstruktur yang positif secara sinergis.

3.Pikiran-pikiran positif saya yang sinergis semakin lama semakin kuat.

4.Dengan pemikiran sinergis yang baik, saya terus mengubah dan memperbaiki struktur fisik, kekuatan mental, dan daya otak.
  
sumber : apic

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong berikan komentarnya kritik ataupun saran...