Sabtu, April 04, 2015

Resiko Jatuh Cinta (Love Story)


Banyak orang bilang, masa-masa SMA adalah masa yang paling indah, masa dimana penuh kenangan. Mungkin karena memang masa SMA adalah masa-masa peralihan dari remaja menuju ke dewasa. Asmara misalnya, anak SMA mana yang tidak merasakan asmara? Anak pendiam sekalipun pasti pernah merasakannya.

Aku masih SMA, kelas X, Nama Farid Kyrie Saputra aku baru masuk SMA ini lewat jalur testing, karena SMA ini cukup favorit di daerahku. Selama ku di SMP aku tidak pernah atau belum pernah pacaran, boro-boro pacaran deketin cewek aja belum pernah, meskipun sempat waktu itu ada perasaan suka ke seorang cewek, tapi aku biasa aja. Masa SMA tiba, aku di SMA yaa seru lah, dapet temen baru, pelajaran baru, guru-guru baru, dll. Aku belajar biasa di SMA, meskipun tugas selalu menyertai hariku, tapi aku tak kaget karena waktu di SMP aku sering seperti itu. Tetapi banyak dari temen-temen aku yang memang kaget pada pembelajaran tersebut.




“farid, farid!” sahut Jeni,

“ada apa jen?”

”farid, kamu ajarin aku dong? Aku gak ngerti nih”,

”ajarin apaan?”

“ini matematika, aku gak ngerti banget tau”

“bab yang mana?”

“yaaa semua yang udah diajarin aja”

“semua?”

“iyaa hehehe boleh gak nih?”

“mmm boleh boleh, mana sini”

“okee makasih”

Jeni adalah salah satu dari mereka yang memang keteteran, mungkin dia belum adaptasi karena yaa belum terbiasa, jadi kalo pelajaran apapun, dia suka minta bantuan ke aku, yaa gapapalah kitakan memang harus berbagi ilmu.

Satu semester berlalu, aku beranjak ke semester 2, dan peringkatku di kelas adalah ke 4, dan Jeni ternyata dapat peringkat ke 9, itu sungguh luar biasa. Dan ternyata di semester 2 ini, aku merasa ada yang beda, ternyata aku merasakan lagi yang namanya jatuh cinta, aku gak tau kenapa? Tapi perasaan ini muncul begitu saja. Aku jatuh hati pada salah seorang teman di kelasku, namanya Santi. Dia gadis yang cantik, berkerudung dan manis. Bentuk wajahnya yg agak bulat, hidung agak mancung, mata bulat beningnya, pipi berisi, dan dengan kulit putihnya, itulah yang membuat ia begitu memesona. Meskipun prestasinya biasa-biasa saja, bahkan tak sebaik Jeni, tapi dia amat baik, lucu, dan periang. Jika dia tengah galau, risau, ia tak pernah sekalipun memperlihatkan wajah galaunya itu pada temannya, ia selalu tersenyumm, yang senyumannya itu sangat manis dan cantik. Tapi kalo dipikir-pikir, aku pantes gak yah kalo sama Santi, soalnya kalo soal fisik, aku gak begitu bagus sih, yaaa pas-pasan lah. Dan kalo aku jadian sama Santi, nanti orang bilang apa ya?, ah sudahlah jangan terlalu dipikirkan.

Suatu hari pelajaran sosiologi tiba, disitu kami disuruh untuk membuat sebuah drama, tentang penyimpangan sosial oleh guru sosiologi. Kami dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok 10 orang. Aku satu kelompok dengan Azmi, Yusha, Erza, Jamal, Rima, Isti, Khila, Wia, dan Jeni. Aku sedikit kecewa karena tidak sekelompok dengan Santi, tapi meski begitu aku pasrah saja.

“hey semuanya, kan kita dibagi-bagi tugas tuh, ketuanya siapa?” sahut Rima.

“ketuanya Farid ajaaaa” jawab Jeni dengan suara keras dan senyum so imutnya itu.

“iya rid, kamu aja yaa” sambung Azmi

“Kok aku sih, aku gak ahli bikin cerita drama, yang ahli tuh si Yusha” tolak aku

“yaudah yaudah, gimana kalo kita voting aja, siapa yang pilih farid?” tanya Rima

Kelompok aku acunglah tangannya....

“satu, dua, tiga, empat....., sembilan... horeee fix ketuanya farid, okee?”

“halaaah aku lagiii aku lagiii”

Aku agak kecewa sih dijadiin ketua, soalnya kalo soal bikin drama, bikin cerita, aku gak tau harus ngapain. Tapi gapapa lah, belajar jadi ketua, meskipun itu sulit.

Selama ada tugas sosio itu, tiap kami sering sekali kerja kelompok, yaa syutinglah. Orang-orangnya ternyata gak bisa pada serius, kerja kelompok banyaknya main, syuting ketawa-ketawa aja. Haduhhhh..

Lalu saat di sekolah...

“eh farid, kan aku harus beli peralatan buat drama kan? Tapi aku gak bisa sekarang, aku harus pulang, soalnya ada keperluan, aku udah ngomong kok sama Jeni sama Jamal”. Ucap Azmi

“Ohh, yaudah deh, gapapa”

“okee maaf banget ya rid”

“iya iyaaa”

Gara-gara ada tugas drama ini, aku jadi gak fokus ke pelajaran lain, aku juga ketinggalan sama temen-temen yang lain, haduhhh, kayanya aku bakal turun peringkat deh kali ini...

“Eh farid, farid, kamu mau gak nanti temenin aku sama Jamal buat beli peralatan, aku udah minta anak-anak tapi gak pada mau” tanya Jeni

“yaelaaahh, yaudah deh jam berapa?”

“nanti aja pulang sekolah langsung, yah?”

“okedehh”

Bel pulang sekolah berbunyi, ini hari selasa, biasanya aku dikelas dulu sebentar, liatin Santi piket, kadang yaa aku bantuin juga, karena hari selasa gak suka ada yang piket, paling-paling Santi aja sama Azmi. Tapi hari ini aku harus beli peralatan, jadi gak bisa deh lama-lama.

“Eh Farid, Jamal mana?” tanya Jeni

“justru aku yang mau nanya ke kamu, aku kira dia udah sama kamu”

“aku dari tadi sendiri nungguin kalian, lama banget sih”

“iya maaf maaf, itu mukanya biasa aja dong hahaha”

“terus kita mau nungguin aja nih rid?”

“kita tunggu aja bentar lagi”

15 menit kemudian...

“eh rid, itu Jamal, kok dia naik angkot sih?”

“ehh iya tuh, woi! Woi! Jamal jangan pulang kamu woi!”

“ahhhh dia pura-pura gak denger”

“udahlah Jen, Kita berdua aja”

“mmm yaudah deh, tapi mmm kamu gak keberatan kan?”

“keberatan apa?”

“ehh mmm enggak enggak hehehe”

“yaelah”

Kami pun membeli peralatan buat syuting drama besok...

Besoknya di kelas...

“cieeee, disini ada yang ngedate ciee cieee” ucap Naura dengan suara kerasnya yang membuat satu kelas terdengan.

“siapa sih Ra?”

“ada dehhhh, pokoknya ada lahh”

“ngedate dimana emang ra?”

“yaaaa dimana yaaa, aku liat sih mereka jalan-jalan berdua gitu kemaren, terus makan bareng deh hahahaha”

Hah? Aku kaget mendengar omongan-omongan si naura barusan, mungkin yang dia omongin itu aku, karena emang sih kemaren sempet makan bareng, yaaa karena kami emang laper banget belum makan.

Tapi aku diam saja, tidak merespon omongan-omongan Naura, dan aku liat Jeni juga tidak merasa tersinggung.

“eh eh aku tau aku tau ra”

“tauuu? Siapaaa?”

“Mmmm,,, Farid sama Jeni bukan?”

“100 buat jehan”

Yaampunn, kenapa jadi kayak gini sih, masa Cuma pergi beli peralatan aja langsung digosipin, ngeselin banget sih. Aku liat jeni langsung keluar kelas.

“ciee ciee orangnya salting tuh orangnya salting”

Aku pun udah merasa kesal...

“hehh, Naura, kamu apa-apaan sih hah?”

“trus kenapa kamunya?”

“kamu ngeselin banget sih, masa aku cuma gitu aja digosipin”

“ihhh suka-suka aku dong mulut-mulut aku ihhh”

Aku tak menjawab apa-apa lagi, karena percuma jika aku berdebat dengannya, udah mah nadanya nada-nada tinggi gitu, ngeselin kayak anak kecil, mungkin klo dia cowok, kepal aku udah mendarat pada wajahnya.

Malamnya Jeni telfon ke aku..

“Eh Farid?”

“kepana Jen?”

“Maafin aku ya?”

“Maafin? Maafin buat apa?”

“yaaa gara-gara aku, kamu jadi digosipin terus, kamunya juga kayak yang risih tuh kalo digituin tuh. Terus juga gara-gara digosipin kaya gitu, kamu jadi ngejauh aja sama aku”

“iya gapapa kok Jen”

Aku tau maksud Jeni berkata kayak gitu, tapi kan... iya sih semenjak aku digosipin kayak gitu, aku jadi emang gak suka deket-deketin dia, karena yaa takut digosipin terus, dan juga yang paling penting semenjak kejadian itu, Santi jadi berubah. Dia gak suka sms aku lagi, klo aku sms juga gak suka di bales, atau lama, terus singkat pula, kalo di kelas juga gak suka nanya-nanya ke aku, dia gak suka ngomong ke aku kalo aku gak ngomong pertama ke dia. Tapi aku tak berani mengatakan, mengapa Santi bisa seperti itu, karena ya secara aku kan bukan siapa-siapanya dia, takutnya kalo nanya dianya malah menyangkal gitu, jadi yaa aku hanya bisa diam. Menyesal memang datang di akhir, kalo aja aku dulu gak ngomong kaya gitu..

*flashback

Suatu malam..

“Eh, farid kamu dapet peringkat 4 yaa ciee ciee selamet yah?” ucap santi di sms

“hehehe iya san alhamdulillah banget, makasih yaa, kamu sih ke berapa San?”

“iya sih ya, aku bukan 10 besar jadi gak di sebutin di kelas, kata ibu aku sih ke 15”

“hmmm,, yaaa gak buruk juga”

“iya sih tapi aku dimarain abis2an sama ibu bapa aku huhuhuuu -,-“

“yaelah, ya kamunya janji aja nanti bakalan lebih baik nilainya gitu”

“iya sih udah tapi ya kayanya masih kecewa deh huuuuu”

“sudah sudah jangan dipikirin terus, nanti tunjukkin lagi ke ortu kamu kalo kamu emang berkembang”

“sipsipsip okedeh”

“eh Santi, aku mau ngomong nih”

“ngomong apa rid?”

“mmm aku mau jujur, aku itu suka sama kamu”

“hahahaha jangan bercanda deh kamu rid”

“aku serius san”

“hmmm iyaa terus?”

“kamu suka gak sama aku? Hehe”

“yaa mmm suka sih”

“jadian yuk?”

“mmm gimana yaa, kita temenan aja deh ya, lagian kayanya lebih seru temenan deh”

“ihhh kenapaa?”

“emang aku gak mau pacaran dulu sih, terus kata ortu aku juga enggak”

“hmmm yaudah deh mau gimana lagi”

“hehehe maaf ya rid, n makasih juga”

“iya san, aku juga makasih”

“hehe”

“sudahlah san, lupain semua yang aku omongin tadi yaa, n jgn bilang siapa-siapa”

“okeee”



Gara-gara itu mungkin dia agak canggung kali sama aku, haduhhhh, emang bener yah kata orang, sakit kalo jatuh cinta tuh..



Beranjak ke kelas XI, menjadi penentuan antara IPA dan IPS, meskipun aku selalu didesak oleh guru atau teman untuk masuk IPA, tapi aku gak mau, karena bidang aku adalah IPS, jadi aku masuk ke kelas IPS. Santi dan Jeni juga masuk IPS ternyata, aku sekelas sama Jeni lagi, Santi di kelas yang lain.

Di kelas xi aku sama Jeni jadi makin deket, kami di kelas xi gak suka ada yang ngegosipin soalnya tukang gosipnya masuk IPA semua. Aku masih ada perasaan sih ke Santi jujur aja, tapi kok tumbuh juga benih benih cinta aku kepada Jeni, apa mungkin karena aku deket terus sama dia, apa-apa bareng ini itu bareng, aku juga lebih sering smsan sama Jeni daripada sama Santi lagi. Dan yang paling menonjol dari Jeni, prestasinya di sekolah semakin lama semakin meningkat bahkan drastis, semester 2 kelas x, jeni dapat peringkat ke3, dan aku ke2, ke1nya Naura, dan denger-denger Santi dapet ke11.

Dan di kelas xi, aku mulai mengetahui masa lalunya Santi, santi itu punya mantan, di kelas xii, namanya Rendi, dia itu anak basket, orangnya pinter, gagah, tinggi, ganteng pula, mungkin klo dibandingin sama aku, kayanya aku sih kebalikannya deh, disana aku pikiran aku selalu aja minder sama mantannya itu, tapi kalo santi dideketin sama si rendi itu, dan disana rendi juga ngajak balikan, tapi santi nolak, dia gak mau pacaran lagi. Santi merasa risih gitu, katanya kalo rendi sms juga gak suka bales, cuek aja, meskipun mungkin kayanya Santi juga masih ada perasaan ke Rendi. Aku selalu berpikiran kaya gini, Santi sama Rendi aja gak mau, apalagi sama aku, itu selalu yang menjadi pertimbangan aku buat deketin Santi, aku merasa minder banget, kayanya aku gak pantes deh sama Santi.

Di kelas xi perasaan aku terhadap Jeni semakin lama semakin bertambah, kenapa aku bisa jadi seperti ini, menyebut namanya saja aku bahkan agak canggung, apakah emang aku bener-bener suka sama Jeni, tapi di sisi lain perasaan aku terhadap santi juga masih selalu membayangi gitu.



Empat bulan kemudian...................



Saat pulang sekolah tiba, aku di kelas, kelas udah sepi karena udah pada pulang dan ada santi mendatangi aku.

“haloo farid”

“ada apa san? tumben tumbenan”

"mmm gapapa, pengen ngobrol aja, boleh kan rid?”

“mmm boleh boleh”

“ganggu gak rid?”

“enggak kok sok aja mau ngobrol apa?”

“eh rid?”

“kenapa san?”

“mmm, aku mau nanya nih?”

“mau nanya apa?”

“mmm, kamu masih punya perasaan gak sama aku, perasaan yang dulu kamu ungkapin sama aku”

“kenapa emang san?”

“kayanya aku menyesal deh nolak kamu”

“yahahaha menyesal kenapa emang san?”

“yaaa gitu ajaa, yaa aku tuh udah nyia-nyiain orang yang emang berharga buat aku”

“ohh gitu”

"kalo kamu bisa, aku juga mau kok jadi pacar kamu sekarang”

“mmm haduhh gimana yaa, abis kamu telat sih waktu itunya nolak aku, coba kalo enggak”

“iya aku juga tau, jadi”

“mmm maaf banget san, maaaaf banget, aku gak bisa”

“kenapa san?”

“kayanya kamu orang pertama yang tau soal ini”

“tau soal apa?”

“aku udah jadian sama Jeni”

“apa? Jadian? Kapan?”

“mmm udah lama sih?”

“kok aku baru tau?”

“iya soalnya aku pacaran diem-diem”.”jadi gini ceritanyaa.....”

*flashback

Suatu hari, saat pulang sekolah, aku ingin mengembalikan buku yang aku pinjam, karena tidak ada orangnya, jadi aku inisiatif simpan di tasnya, aku buka lalu simpan, tetapi aku menempatkan tasnya tak imbang, sehingga tasnya jatuh, aku langsung menempatkannya lagi. Disana terjatuh sebuat buku kecil, dan ternyata itu diarynya dia, aku baca sedikit, dan... aku terkejut karena setiap halaman yang ada di buku itu, di pojok kanan bawahnya selalu menyertakan namaku, dalam diarynya juga aku sempat baca, “aku itu kalo liat dia, pikiran aku seakan menjadi lebih baik, itu hanya melihat, belum jika aku mengobrol dengannya, atau hanya sekedar smsan, itu suatu hal yang amat indah menurut aku, meskipun aku mungkin kecil kemungkinan bisa dapetin dia, tapi, makasih yah, Farid Kyrie Saputra, bayangmu selalu menemani hari-hari aku”. Itulah penggalan diary dari Jeni, aku langsung menyimpannya dan pergi pulang.

Sesampainya di rumah, perasaan aku campur aduk antara sedih dan senang, kemana aja aku ini sampai-sampai aku gak menghiraukan orang yang selama ini deket sama aku, yang selama ini nemenin aku apapun, yang selama ini namanya selalu ada di inbox sms aku, tetapi aku malah mengejar sesuatu yang mungkin tak akan aku dapatkan.

Dan besoknya aku memberanikan diri, saat pulang sekolah... aku ngomong langsung...

“Jeni?”

“kenapa rid?”

“mmm jadian yuk?”

“haaah? Maksud kamu?”

“iyaaa kita jadian, yuk?”

“kok buru2 gitu sih?”

“mau apa enggak? Cepet dong?”

“mmm gimana yaa”

“jangan banyak mikir dong”

“tapi kan kita udah deket banget rid”

“iyaa maka dari itulah”

“gimana ya, tapi maaf aja ya rid, aku gak bisa”

“haduhh jeni kamu tuh...”

“gak bisa nolak kamu rid, hahahahaha”

“seriusan jen?”

“iya rid, aku jg udah lama loh suka sama kamu”

“hehehehehehe”



Aku sama jeni akhirnya jadian, penantiannya selama ini gak sia-sia ternyata, tapi aku sama Jeni memutuskan untuk tidak memberitahukan kepada orang lain..



“ohhh jadi gitu ya rid,”

“iya san, maaf ya san”



Aku melihat wajah Santi sangat sedih, dan mungkin sangat terpukul, bahkan ia tak menjawab permintaan maaf aku, dia langsung pergi tanpa menyapa..

Dan dalam hati aku mengatakan ‘jika kau jatuh cinta, maka kau harus mau untuk jatuh sakit, itulah resikonya’

****END

1 komentar:

  1. Sands Casino & Hotel Las Vegas
    With more septcasino than a dozen 바카라 restaurants, spas, bars and lounges and an expansive casino floor, Sands Casino & Hotel Las Vegas is a unique place to stay หาเงินออนไลน์

    BalasHapus

Tolong berikan komentarnya kritik ataupun saran...