Selasa, Maret 24, 2015

Naskah Drama (Manggis dan Durian)




MANGGIS DAN DURIAN

Suatu hari, Fandi dan Ihsan tengah asik mengobrol di kantin sekolah
Fandi     : “Eh san, lo tau gak katanya di kelas kita nanti besok ada anak baru!”
Ihsan     : “hah? Yang bener? Kata siapa lo?”
Fandi     : “Iya bener, gua taunya sih dari Noura”
Ihsan     : “Wahh, anak barunya cowo apa cewe tuh? Kalo cowo baik gak dia, terus kalo cewe cantik gak?
Fandi     : “Lo itu mau nanyain anak baru apa mau cari jodoh sih! Gua juga belum tau orangnya, Cuma tau kabarnya aja”
Ihsan     : “ohh gitu
Lalu Noura datang menghampiri Fandi dan Ihsan
Noura   : “Eh, ada Fandi sama Ihsan, lagi pada apa nih?”
F&I         : “Lagii, keramas”
Noura   : “ihhh seriusan”
Fandi     : “hahaha, kita lagi ngobrol-ngobrol aja kok, iya gak san?”
Ihsan     : “Yoi bro, eh Noura, katanya di kelas aku ada anak baru, siapa dia?”
Noura   : “ohh itu, iya ada cewe namanya Manda, dia itu sepupu aku”
Ihsan     : “Dia itu orangnya kaya gimana? Baik gak?”
Noura   : “Mmm, kalo menurut aku sih dia itu baik, tapi dia itu pendiem sama agak dingin gitu”
F&I         : “ohhhh...”
Noura   : “Eh, aku ke kelas dulu yah?”
Fandi     : “Loh? Kok cepet amat?”
Noura   : “Tadinya sih kesini niat mau makan, tapi gak ada yang jualan, kebetulan aja ada kalian jadi aku mampir sebentar, ya udah ya hehe”
F&I         : “Oke deh”
Ihsan     : “Eh fan, tadi kata Noura anak barunya itu agak dingin ya?”
Fandi     : “Iya”
Ihsan     : “Lo sepikiran gak sih sama gua tentang anak baru itu?”
Fandi     : “Mmm, sepikiran deh kayanya”
Ihsan     : “Apa coba?”
Fandi     : “Ya anak baru itu pendiem, jadi sukar bergaul, bener kan?”
Ihsan     : “Yeee bukan itu, tuh kan lu gak sepikiran sama gua?”
Fandi     : “Emang pikiran lu gimana?”
Ihsan     : “Nih yah, dia itu kan pendiem terus katanya agak dingin gitu, berarti kan kita susah buat jail sama dia!”
Fandi     : “Iya juga sih, tapi kan kita belum tau yang sebenernya, mungkin saja meskipun pendiem tapi kan bisa jail juga, hahaha”
Ihsan     : “Bener banget tuh, eh kita ke kelas aja yuk? udah mau masuk nih.”
Fandi     : “Ya udah deh, yuk!”
Keesokan harinya...
Guru      : “Anak-anak, kita sekarang kedatangan murid baru, Namanya adalah Manda, ia pindahan dari kota sebelah, ia pindah karena pekerjaan orang tuanya, semoga kalian bisa berbaur dengannya, dan Manda kamu duduk di belakang ya, maaf kamu sekarang harus duduk sendiri karena jumlah muridnya ganji”
Manda  : “Iya bu”
Ketika istirahat tiba...
Guru      : “Eh kalian berdua Fandi dan Ihsan, sekarang tolong ambilkan buku paket ya untuk pelajaran selanjutnya di perpustakaan”
Fandi     : “Iya siap bu”
Ihsan     : “Laksanakan!”
Disisi lain...
Michel  : “Hallo manda, kenalin nama aku Michel”
Okki       : “Kalo nama aku Okki”
Manda hanya berjabat tangan dengan mereka dan tidak bicara apapun
Michel  : “Kamu kok diem aja sih?”
Okki       : “Iya, ngobrol dong sama kita, jangan canggung gitu, kita kan sekarang sudah jadi teman”
Manda  : “Aku tidak bicara, karena aku tidak mau terlibat dalam percakapan yang tidak penting”
Michel  : “hah? Tidak penting maksudmu?”
Manda  : “Terus aku harus bicara apa pada kalian?”
Okki       : “Ya nanya apa kek ke kita gitu”
Manda  : “Tuh kan ini adalah percakapan yang tidak penting”
Michel  : “Ah, kita ke kantin aja yuk ki, kita disini buang-buang waktu aja”
Okki       : “Iya bener, yuk ah”

Michel dan Okki berjalan dengan penuh kekesalan, dan ketika di pintu kelas, Michel menabrak Fandi.
Michel  : “Haduhh, lu kalo jalan liat-liat dong ah!”
Fandi     : “Kok jadi salah gua, orang lu yang nabrak juga!”
Okki       : “Udah udah udah kalian berdua jangan berantem! Malu diliat orang-orang”
Fandi     : “Iya deh” (sambil membereskan buku dibantu oleh Michel)
Michel  : “Sorry ya fan gua gak sengaja!”
Fandi     : “Iya gak apa-apa kok”
Okki       : “Sorry yah kalian berdua jadi pelampiasannya, michel itu lagi kesel”
Ihsan     : “Kesel sama siapa emang?”
Okki       : “Itu sama si Manda, anak baru kelas ini”
Ihsan     : “Keselnya kenapa? Kok bisa?”
Michel  : “Okki!! Ayoo cepetan!!”
Okki       : “Iya chel bentar, lu cari tau aja sendiri ya san, gua duluan, dahh”
Ihsan     : “Gua jadi penasaran deh sama omongannya si Okki”
Fandi     : “Ya udah sih datangi aja yuk?”
Ihsan     : “Hallo Manda”
Manda  : “Kalian mau apa kemari?”
Fandi     : “Kita mau ngajak kamu kenalan, ayolah”
Manda  : “Kalian itu pasti mau jahat ya sama aku, soalnya kalian itu laki-laki”
Ihsan     : “Kita itu emang laki-laki, tapi niat kita Cuma kenalan kok gak berniat jahat”
Manda  : “halaaah, apaan, dimana-mana laki-laki itu sama saja, hanya memanfaatkan perempuan untuk dirinya sendiri”
Fandi     : “Tapi kan gak semua laki-laki seperti itu!”
Manda  : “Tuh satu lagi, laki-laki itu munafik”
Ihsan     : “Kamu ngomong apaan sih hah? Kamu mau merendahkan martabat laki-laki, emangnya kamu sebagai perempuan itu merasa lebih sempurna dari pada laki-laki? Emangnya semua perempuan itu baik dan juga sempurna seperti yang kamu pikirkan, hah?
Fandi     : “Ihsan, san udah san, jangan diteruskan san, mending kita ke kantin aja yuk san, daripada disini nambah emosi saja”
Ihsan     : “Iya yuk ahh”


Di kantin, Michel dan Okki tengah duduk berdua, lalu datanglah Noura dan  menghampiri mereka...
Noura   : “Eh ada Michel sama Okki, kemana aja kalian? Kok jarang kelihatan? Hhe”
Michel  : “Kita akhir-akhir ini sibuk ra”
Noura   : “Ohh sibuk, eh ngomong-ngomong kalian sekelas kan sama sepupu aku, Manda”
Michel  : “iya sekelas”
Noura   : “Wahh, sekarang mana dia?”
Okki       : “Dia lagi di kelas ra”
Noura   : “ohh, dia orangnya kayak gimana di kelas? Ngeselin gak?”
Michel  : “heeeeeeuuu, ngeselin bangett raa”
Okki       : “Iya, kok dia gitu-gitu amat sih ra?”
Noura   : “Gak tau aku juga, makanya meskipun dia itu sepupu aku, tapi aku gak suka main sama dia, soalnya ya kayak tadi kamu bilang”
M&O     : “Haduhhh”
Noura   : “Tapi kalian juga jangan pernah kasih dia tikus ya, soalnya dia itu paling takut sama yang namanya tikus”
Okki       : “Ohh gitu, iya deh”
Noura   : “Eh aku ke kelas dulu ya, dadah!”
Lama kemudian Fandi dan Ihsan datang ke tempat Michel dan Okki...
Michel  : “Kalian berdua kenapa? Kok mukanya muram gitu?”
Okki       : “Emang biasanya juga muram kali! Haha”
Michel  : “Yaa maksudnya lebih muram gitu”
Fandi     : “Itu tuh si Manda, gua kesel sama dia”
Ihsan     : “Iya, gua juga tadi hampir adu mulut sama dia”
Okki       : “Emang dia kenapa bisa bikin kalian kaya gitu?”
Ihsan     : “Ya masa dia bilang kalo semua laki-laki itu jahat, terus juga bilang semua laki-laki itu munafik, ya gua kesel lah disana”
Fandi     : “Iya, dia juga merasa kalo dia itu paling bener semua”
Michel  : “Orang kayak gitu itu harus di kasih pelajaran tuh, berani-beraninya dia kaya gitu sama kita, dia gak tau ya siapa kita ini”
Ihsan     : “Iya bener-bener, eh kita ke kelas yuk? Udah masuk”
Sepulang sekolah...
Michel  : “Eh Manda, kita pulang bareng yuk?”
Okki       : “Iya yuk, kita kan kebetulan searah jalurnya”
Manda  : “Aku gak mau, aku pengen sendiri aja”
Michel  : “Kamu gak kesepian sendirian?”
Manda  : “Aku gak kesepian, karena aku tak pernah merasa butuh teman”
Okki       : “Dia itu egois banget sih!”
Michel  : “Udah deh jangan dipikirin, mendingan kita pulang, banyak tugas yang harus selesai”
Okki       : “Ya udah yuk!”
Keesokan harinya...
Fandi     : “Woy Ihsan, Michel, Okki! Kesini dulu”
Ihsan     : “Ada apa nih?”
Michel  : “Iya ada apa manggil kita?”
Fandi     : “Gini nih, kita harus merencanakan buat jail sama Manda, gimana setuju gak?”
Ihsan     : “Oke gua setuju, tapi jailnya pake apa? Sedangkan kita kan gak tau apa yang dia benci”
Fandi     : “Oh iya yah”
Okki       : “Ahh kalo jail-jail aku gak ikutan ahh, aku gak mau terlibat kasus”
Michel  : “heeuh kamu ini, selalu saja begitu, ya udah deh, tapi jangan bilang siapa-siapa!”
Okki       : “Iya iya deh”
Michel  : “Gua tau!”
F&I         : “Apaan?”
Michel  : “Gua sama Okki kan kemaren ngobrol sama Noura, Nah kata Noura si Manda itu paling benci sama yang namanya tikus”
Fandi     : “Wahh, kebetulan tadi di luar ada yang jualan mainan tikus tuh gede banget”
Ihsan     : “Nah mendingan sekarang aja langsung, mumpung si Manda lagi di perpus tuh”
Michel  : “Bener banget tuh, ayo ayo!”
Di perpustakaan, Manda tengah mencari-cari buku, dan tiba-tiba...
Manda  : “aaaaaaahhhhhhh!! Tikus!! Aaaaahhhhhh!!” (pingsan)
Fandi     : “hahaha dia takut tuh sampe jerit-jerit gitu hahahaha”
Ihsan     : “Iya, payah banget sih dia, sama tikus mainan aja takutnya sampe segitunya”
Michel  : “Manda pingsan!!”
Fandi     : “Hah? Pingsan? Yang bener kamu?”
Michel  : “Iya itu liat”
Ihsan     : “Waduh beneran nih pingsan”
Michel  : “Terus gimana dong nih hey kalian?”
Fandi     : “Ahhh mending gua kabur aja ahh!!”
Ihsan     : “Eh eh tungguin gua fan!”
Michel  : “Haduhh malah kabur lagi, gua juga kabur ah, woy tunggu!!”
Ketika istirahat. Fandi, Ihsan, Michel, dan Manda, dibawa ke ruang guru untuk dimintai keterangan..
Fandi     : “Ibu ada apa bu manggil kami kemari bu, kok ada Manda?”
Ihsan     : “Iya bu sepertinya penting sekali”
Guru      : “Duduk dulu semuanya, ini lumayan penting, ini soal Manda yang pingsan itu, menurut Manda kalian lah pelakunya”
F,I,&M  : (diam)
Guru      : “Kok kalian diam saja, jawab dong pertanyaan ibu tadi!”
Fandi     : “Iya bu kita yang melakukannya, tapi itu semua idenya Michel bu!”
Michel  : “Loh loh loh! Kok ke gua, kalian juga terlibat kali, soalnya kan kalian juga setuju”
Ihsan     : “Tapi kan itu semua idenya elu Michel!”
Fandi, Ihsan, dan Michel saling menuduh dan saling menyalahkan...
Guru      : “Sudah sudah kalian semua diam, sekarang jujur sama ibu, mengapa kalian melakukan semua itu?”
Ihsan     : “Ini semua berawal dari Michel bu”
Michel  : “Kok gua sih? itu tuh si Fandi yang pertama bikin rencana”
Fandi     : “Rencana apaan? Ada juga lu tuh yang bikin rencana”
Michel  : “Tapi kan lu yang pertama ngumpulin kita-kita”
Guru      : “Suda sudah, kalian ini bisa diam gak sih? Jika seperti ini terus gak bakalan selesai-selesai masalahnya”
Michel  : “Iya bu, maaf saya salah bu”
Ihsan     : “Saya juga bu”
Fandi     : “Tapi saya yang paling banyak salah bu”
Michel  : “Gua yang paling banyak salah fan, bukan lo!”
Fandi     : “Gua dong yang salah, gua yang bikin dia pingsan!”
Michel  : “Tapi kan gua yang bikin rencana”
Fandi     : “Tetep aja gua yang salah”
Michel  : “Gua!!”
Fandi     : “Gua yang salah”
Michel  : “Lu ngotot banget sih, gua!!”
Guru      : “Sudah sudah sudaaahhhh, kalian ini yah dari tadi ngomong melulu, sekarang kalian harus minta maaf sama Manda”
Ihsan     : “Bu, kami melakukan seperti itu karena jujur saja bu, kami tak suka dengan sifatnya Manda bu, soalnya dia itu egois bu, dan juga gak suka bergaul bu”
Fandi     : “Iya bu, kita ngajak kenalan aja dia nolak bu, dia kira kita mau jahat sama dia bu”
Michel  : “Dan katanya juga, dia itu gak butuh teman bu”
Guru      : “Ya sudah, Manda sebaiknya kamu tidak berkelakuan seperti itu, mereka itu teman-teman kamu yang senantiasa menemani kamu, membantu kamu jika dalam keadaan sulit, mengajak bermain kamu agar kamu tak kesepian, dan tak semua orang itu semuanya jahat seperti yang kamu pikirkan, kita tidak boleh berprasangka buruk terhadap orang lain, manusia itu makhluk sosial yang saling membutuhkan”
Michel  : “Iya kita melakukan itu karena kita itu ingin dekat sama kamu, ingin mengenal siapa kamu”
Fandi     : “Iya, aku juga minta maaf ya”
Ihsan     : “Iya aku juga ya Manda”
Manda  : “Iya, aku juga minta maaf ya sudah berprasangka buruk terhadap kalian”
Guru      : “Nah gitu dong, Manda sekarang kamu ke kelas yah?”
Manda  : “Iya bu”
Guru      : “Dan kalian tetap dihukum besok”
F,I,&M  : “haaaaaaa!!!”
Keesokan harinya...
Fandi     : “Bersih bersih bersih bersih” (nyanyi)
Ihsan     : “Haduh ini sampah banyak banget sih!”
Michel  : “Iya nih, gak sopan buang sampang sembarangan!”
Manda  : “Hey teman semua, boleh aku bantu”
Fandi     : “ooooh, tak usah, ini kan hukuman buat kami, jadi kami pantas”
Michel  : “Iya kamu ke kelas aja sana”
Manda  : “Tidak lah, aku ingin membantu kalian disini, karena kalian kan seperti ini gara-gara aku juga, dan kata ibu guru juga manusia kan saling membutuhkan”
Ihsan     : “Ya sudah kalo begitu, itu sapunya disana”
Manda  : “Oke beres”
TAMAT


by :
Bayu Aji Dewantara
Dea Krisna Widya
Ellsy Berlindha Deeac
Hanna Fauziah Aulia
Irma Ruby Ardelia
Reza Yusnira
Triesha Fetrieka Putra 

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong berikan komentarnya kritik ataupun saran...